Maju Bersama, Antusias Desa Sinarikhi Melaksanakan Program Panen Perdana Comoditi Cabe Rawit ( PPL Swadaya )

 

Sumber:Pres Release_R Jyz-Zend

Riau, Media Cyberone.com          Kabupaten Nias,- Gelar Pelaksanaan Panen Perdana komoditi Cabe Rawit Program PPL Swadaya Yang Bertempat di Desa Sinarikhi, Dusun I, Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, “ Kamis (02/12/2021).

 

Saat Awak Media Datang di tempat Lahan pertanaman cabe rawit tersebut yang dikelola oleh program PPL Swadaya Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias merupakan wujud dari pengembangan program Desa Pertanian Organik dalam rangka meningkatkan nilai produksi dan daya saing mutu produk hortikultura. Oleh karena itu, Program tersebut dibina oleh “ BPP kecamatan Hiliduho dan di dukung Bersama “Yayasan Liwio, Kota Gunungsitoli Dan DPC PPN kabupaten Nias Guna untuk melakukan pendampingan.
Turut ikut menghadiri dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh “ BPP Kecamatan Hiliduho, Organisasi Pemuda Peduli Nias, (PPN Kabupaten Nias), BPD Desa Onowaembo Hiligara, Ketua Kelompok Tani Wanita, Perwakilan Yayasan Liwio, Pemerintahan Desa Sinarikhi, Utusan Guru Dari SMK Negeri 1 Hiliduho (Sebagai Jurusan Pertanian) Dan Tokoh-Tokoh Masyarakat Dusun I Desa Sinarikhi.

 

Terangnya “ Hatikueli Mendrofa sebagai Perwakilan Dari BPP Kecamatan Hiliduho” Beliau Menyampaikan, “Kita sangat apresiasi program ini telah muncul dan mari kita mendukung bersama Program PPL Swadaya ini, Karna Kegiatan panen perdana yang kita laksanakan dan kembangkan terus pada saat ini adalah sebagai salah satu contoh dan pedoman kita untuk mengelola lahan yang selama ini belum di fungsikan. Lanjutnya, “Dari berbagai saran dan permohonan masyarakat yang salah satunya untuk mendapat bantuan dan perhatian dari pemerintah, di wajibkan untuk membentuk kelompok tani, sehingga pengusulan proposal atau dana bantuan bisa diterima oleh lembaga/instansi dinas pertanian kabupaten Nias paparnya.

 

Kemudian salah satu petani cabe menyampaikan kepada awak media di tempat yang sama ungkapnya, “Melalui Pelaksanaan kegiatan panen perdana ini juga kami sebagai petani kaum wanita sangat termotivasi dan sangat semangat dengan hadirnya program ini setelah melihat hasil panen tersebut sehingga begitu mendukung proses berjalannya ekonomi masyarakat khususnya di Kepulauan Nias ini, harapan kita bersama supaya program ini terus menerus dan kita berharap lagi agar kedepannya hasil pertanian serta program ini semakin meningkat serta dilakukan secara berkesinambungan, “Ungkapnya – Dameria Zebua.

“Dengan hasil panen yang kita dapatkan saat ini, tentunya terlebih dahulu membantu masyarakat sekitaran ini dengan harga yang terjangkau di banding dengan harga pasar di luar sana, yang dimana manfaatnya juga pak membantu sistem perekonomian masyarakat khususnya dulu pada desa sinarikhi ini, dan harapan kita pak ! supaya ada perhatian publik atau pemerintah untuk membantu membuka akses jalan menuju ke lahan ini sehingga mudahnya masuk alat transportasi untuk datang ditempat ini karna jarak dari jalan umum sampai kelahan berkisaran -+ 200 meter, “ Pungkasnya – Moh. Syahrizal Laoli.

Selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sinarikhi “Seferinus Mendrofa” Juga Menyampaikan bahwasannya kedepan ini kita akan mengusulkan anggaran dari dana desa untuk akses jalan menuju ke lahan pertanian ini, dan perlu kita ketahui juga bersama, kelompok tani yang telah terbentuk di desa sinarikhi ada banyak sekitar 5 kelompok dan telah berjalan dengan baik, dan semua hasil panen tersebut telah berjalan dan dihasilkan.

Seiring dengan berjalannya Pelaksanaan kegiatan tersebut, Namun akan tetapi seluruh peserta yang berada di lokasi lahan selalu mematuhi protokoler kesehatan (Covid-19)

 

Edt: FM

 654 total views,  2 views today