Masjid istiqlal Dibuka untuk Ramadhan ini. Sedih tak ada buka puasa bersama,”ucap jama’ah

JAKARTA, media Cyberone.com,meliput– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,beliau menyatakan Masjid Istiqlal kembali dibuka secara terbatas untuk umum setelah ditutup sejak Mei 2019 lalu. Artinya, bulan ramadhan tahun ini , umat islam sudah bisa beribadah di masjid terbesar se-Asia Tenggara ini

Meski demikian, Anies menyatakan ada ketentuan khusus yang harus diterapkan di Istiqlal karena masa pandemi Covid-19. Di antaranya seperti tak boleh mengadakan acara buka puasa dan sahur di lingkungan masjid.

Anies menyebut jika buka puasa dan sahur dilakukan di masjid Istiqlal, maka para jamaah yang hadir berisiko terpapar Covid-19. Sebab mereka harus membuka masker dalam waktu yang lama serta berinteraksi.

“Begitu ada kegiatan ifthar begitu ada kegiatan sahur maka harus buka masker karena itulah penggunaan tempat ibadah masjid utk aktivitas Ibadah bisa menjalankan dengan mentaati protokol kesehatan menghindari kerumunan,” jelas Anies, Kamis (09/04/21).

Anies berharap masjid benar-benar dimanfaatkan untuk ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Terutama, kata dia, kapasitasnya maksimal 50%, jaga jarak aman dan tetap menggunakan masker.

Selama berada di masjid, masker tidak boleh dilepas dan dipakai sesuai secara benar. Menurutnya ibadah apalagi di bulan Ramadan harus dilakukan secara khusyuk. Namun ia mengingatkan agar protokol kesehatan terus dijalankan.

“Bahwa prinsip utamanya adalah menjaga jarak memakai masker dan beribadah di masjid secara proporsional artinya kegiatannya kegiatan khusus kegiatan ibadah saja,” kata Anies.

Sementara itu salah seorang jamaah yang biasa shalat di Masjid Istiqlal menyambut baik dengan dibukannya masjid Istiqlal untuk shalat tarawih. Namun warga yang tinggal di kawasan Cikini ini mengaku prihatin dan sedih tidak ada sahur dan buka puasa bersama, seperti tahun-tahun sebelum ada pandemi Covid.

“Prihatin dan merasa sedih juga. Ada kesan tersendiri kalo ada buka puasa bersama, gembira bisa ngumpul bareng, silaruhami dengan sesama muslim, buka puasa jadi lebih bermakna,” tutur jamaah Istiqlal.

Zulfikar(media Cyberone.com)

 60 total views,  2 views today