Polres Kuansing Cek kegiatan alat berat di wilayah Kecamatan Pangean yang diberitakan berkaitan dengan aktifitas PETI.

Riau, Media Cyberone.com

Telukkuantan,-Polisi Resor Kuantan Singingi melakukan pengecekan lokasi kegiatan alat berat yang diduga berkaitan dengan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) sebagaimana informasi yang di muat disalah satu media online Jumat (22/12021).

Atas informasi dari pemberitaan tersebut, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK M.Si langsung memerintahkan Sat Reskrim Polres Kuansing untuk melakukan pengecekan dilapangan Jumat (22/10/2021) sekira pukul 12.30 sampai pukul 15.40 wib

Hal itu di benarkan Kapolres Kuansing melalui Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Boy Marudut Tua,SH kepada wartawan sore ini.

” Hari ini kita melakukan pengecekan ke lapangan, tepatnya Desa Pulau Deras Kec. Pangean Kab. Kuantan Singingi, ternyata Bahwa areal terletak dipinggir jalan lintas desa Kec. Pangean yang bersempadan/dibelakang tanah tempat tinggal milik saudara Erlangga,” ujar Kasat Reskrim Polres Kuansing Boy Marudut Tua.

Selanjutnya team satrekrim polres Kuansing meminta keterangan dari salah seorang warga yang bernama Erlangga. Dikatakannya bahwa menurut Erlangga benar bahwa pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021, ada 1 unit alat berat yang bekerja diareal tersebut. Namun alat berat tersebut melakukan penggalian parit keliling dan landclearing karena menurut pemilik kebun, areal tersebut akan ditanami dengan kelapa sawit,” sebut Erlangga kepada Satreskrim Polres Kuansing.

Selain itu hasil pengamatan di lapangan kata Kasat Reskrim disekeliling lahan tersebut ditemukan bekas galian parit dengan lebar sekitar 2 meter dan areal tersebut merupakan areal bekas kebun karet yang telah selesai di landclearing (pohon karet yang ditumbang masih ditemukan dilokasi) serta dalam kondisi areal merupakan tanah datar,” terang Kasatreskrim.

Di samping itu terkait adanya pemberitaan salah satu media online yang menyebutkan adanya aktifitas Penambangan Emas tanpa ijin dengan menggunakan alat berat sebagaimana di maksud tidak benar. Fakta dilapangan tanah/lahan yang dimaksud dalam pemberitaan media online tersebut adalah milik saudara Iwan.

Atas penjelasan saudara Iwan kata Kasat, bahwa benar alat berat tersebut bekerja diareal tersebut selama 2 hari (tanggal 20 Oktober 2021 – 21 Oktober 2021), namun bukan untuk aktifitas Penambangan Emas, melainkan pekerjaan pembuatan parit dan landclearing. Nantinya areal tersebut akan ditanami dengan pohon kelapa sawit,” terang Kasat Reskrim sebagaimana disampaikan oleh Iwan pemilik lahan tersebut

Ikut mendampingi Kasatreskrim dalam giat pengecekan lokasi tersebut yakni Aipda Solehan Gea (Angt. Sat Reskrim), Bripda Memet Aliakja (Angt. Sat. Reskrim), Aipda Andy candra, S.H (Kanit Reskrim Polsek Pangean), Bripka RZ Yendro (Ps. Kanit IK Polsek Pangean) serta salah seorang wartawan yang memuat pemberitaan di media online yakni saudara Budi.A,” kata Kasatreskrim mengakhiri.

Sumber: Humas Polres Kuansing          Biro Kuansing : Dedy Hariono                Red :  Ardi Cyber

 

 144 total views,  2 views today