Selamat Hari Pers Internasional : “Resolusi Baru Wirausaha Indonesia, Berkeadilan Ekonomi, Mandiri Dan Bermartabat”




Jakarta
MediacyberOne

Hari ini, tepatnya tanggal 3 Mei dunia tengah merayakan hari kebebasan pers internasional. Setiap tanggal 3 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pers Sedunia, yang sebagaimana PBB mendeklarasikan peringatan tersebut, untuk ditujukan sebagai bentuk kesadaran kita dalam menghargai kebebasan berekspresi.

Peringatan tersebut juga menjadi suatu cara, untuk memberikan kesadaran pemerintah, khususnya dalam menghormati akan ruang suara serta hak kebebasan berekspresi yang dimiliki oleh pers.”Senin (3 Mei 2021).

Ketua Umum Jaringan Wirausaha Indonesia Qusyairi Sumbermanggis Menyampaikan tanggal 3 Mei menjadi hari untuk mendorong inisiatif publik untuk turut memperjuangkan kemerdekaan pers. Hari Kebebasan Pers Sedunia juga menjadi momentum untuk mengingatkan pemerintah untuk menghormati komitmennya terhadap kemerdekaan pers.

Komunitas pers di seluruh dunia akan mempromosikan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers dan untuk memberikan penghormatan kepada para wartawan yang gugur dalam tugas.

“Kemerdekaan pers pada hakikatnya bukanlah hak eksklusif dari komunitas pers semata. Kemerdekaan pers adalah hak konstitusional yang berakar kepada jaminan hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi. Setiap kasus kekerasan terhadap jurnalis bukan semata-mata menghalangi kerja jurnalis untuk memperoleh berita. Setiap kasus kekerasan terhadap jurnalis adalah pelanggaran hak konstitusional warga negara untuk memperoleh informasi yang sedang diliput atau dipublikasikan jurnalis.

Di Indonesia, jaminan hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi diatur Pasal 28F Undang-undang Dasar 1945, dan jaminan kemerdekaan pers yang dijamin Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers adalah semata-mata demi setiap warga negara mendapatkan pemenuhan hak atas informasi”Demikian Urai Ketua Umum Jaringan Wirausaha Indonesia Qusairi Sumbermanggis.

Syaepah Sumarna Ketua Bidang Informasi dan Strategi komunikasi publik DPP Jaringan Wirausaha Indonesia Menyampaikan Pers adalah satu pilar Demokrasi, Semoga di Hari Pers Internasional Insan Pers Tetap Kritis, Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran untuk tetap menyampaikan informasi dengan penuh tanggung jawab.Pers selalu menjadi jendela informasi yang akurat, berimbang dan dipercaya.Tidak hanya itu saja, peringatan dari Hari Pers Sedunia juga dapat menjadi sebuah momen yang memberikan kesadaran. Khususnya kesadaran kita akan peran pentingnya dunia literasi, jurnalistik serta kebutuhan akses informasi bagi masyarakat
“Selamat Hari Pers Internasional”Tutupnya.(Ezl)

 383 total views,  2 views today